:::: MENU ::::

blog saya, blog anda, blog kita semua

  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Senin, 25 Maret 2013

Judul Kata Kunci                         : Belajar Laten
Urutan Kelompok                        : Kelompok 9
Nama Anggota Kelompok         : 
                                                            Trian Saputra           - 111402019
                                                            Dina fadhillah           - 111402025
                                                            Herimelda Hutagaol - 111402037
                                                            Bernike Purba         - 111402059
                                                            Erick Fernandes      - 111402099
 
Hasil Diskusi
Edward Chace Tolman (1886 - 1959) adalah seorang Amerika psikologi perilaku. Yang mana agar lebih menarik kami uraikan dulu hal paling inti yang merupakan Prinsip dalam teori belajar Tolman:
1. belajar adalah selalu bertujuan dan tujuan selalu diarahkan
2. Belajar sering melibatkan penggunaan faktor-faktor lingkungan untuk mencapai tujuan (missal, dalam mencari kebermaknaan, mancapai akhirdan menganalisis)
3. organisme akan memilih jalan terpendek atau termudah untuk mencapai tujuan.

Setelah kita tahu mengenai prinsip belajar Tolman, maka kita akan menguraikan singkat tentang Nolman,

Lahir di West Newton, Massachuesetts 14 April 1886, meninggal 19 November 1959. Tolman belajar di Institut teknologi Massachusets, menerima galar Ph.D dari universitas Hrvard 1915. sebagian besar karirnya di habiskan di Universitas California, Berkelay(1918-1954). dimana ia mengajar Psikologi.

Tolman mengusulkan lima jenis belajar:
(1) approach learning,
(2) escape learning,
(3) avoidance learning,
(4) choice-point learning, and
(5) latent learning.
Latent learning adalah belajar yang tidak diwujudkan dalam performance. Dengan kata lain, latent learning merupakan kemungkinan belajar yang terbengkalai dalam waktu yang amat panjang sebelum hal tersebut dinyatakan dalam prilaku.
 
yang semua bentuk pembelajaran tergantung pada kesiapan sarana-akhir yaitu perilaku berorentasi pada tujuan,ditengahi oleh harapan, persepsi, representasi, dan internal atau variabel lingkingan.

Contoh yang berhubungan dengan mahasiswa TI :
Seorang mahasiswa yang masih menduduki semester 4 sudah mendapat bayangan untuk mengerjakan tugas akhirnya. Namun dikarenakan ilmunya belum mencukupi, ilmu atau bekal belajar yang sudah didapatnya hingga semester 4 ini akan disimpannya dalam waktu lama sampai bekal pembelajarannya mecukupi dan ia bisa mengerjakan tugas akhirnya . sehingga untuk membuat suatu system nanti sistemnya itu tidak terdapat error atau bisa berguna bagi orang banyak.

Kesimpulan :
dari pembahasan ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa belajar laten ialah proses dimana dia belajar tetapi tidak di aplikasikan secara langsung/nyata melainkan di simpan untuk jangka waktu yang lama. setiap orang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda, terkadang dia bisa mengingat pelajaran untuk waktu yang lama tapi terkadang ada juga orang yang begitu di beri materi keesokan harinya sudah lupa.
hal ini bisa di hindari ketika kita terus mengulang materi pelajaran tersebut agar daya ingat kita menjadi lebih baik,

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us