Judul Kata Kunci : Belajar Laten
Urutan Kelompok : Kelompok 9
Nama Anggota Kelompok :
Hasil Diskusi
Edward Chace
Tolman (1886 - 1959) adalah seorang Amerika psikologi perilaku. Yang
mana agar lebih menarik kami uraikan dulu hal paling inti yang merupakan
Prinsip dalam teori belajar Tolman:
1. belajar adalah selalu bertujuan dan tujuan selalu diarahkan2. Belajar sering melibatkan penggunaan faktor-faktor lingkungan untuk mencapai tujuan (missal, dalam mencari kebermaknaan, mancapai akhirdan menganalisis)
3. organisme akan memilih jalan terpendek atau termudah untuk mencapai tujuan.
Setelah kita tahu mengenai prinsip belajar Tolman, maka kita akan menguraikan singkat tentang Nolman,
Lahir
di West Newton, Massachuesetts 14 April 1886, meninggal 19 November
1959. Tolman belajar di Institut teknologi Massachusets, menerima galar
Ph.D dari universitas Hrvard 1915. sebagian besar karirnya di habiskan
di Universitas California, Berkelay(1918-1954). dimana ia mengajar
Psikologi.
Tolman mengusulkan lima jenis belajar:
Latent learning adalah belajar yang tidak diwujudkan dalam performance. Dengan kata lain, latent learning merupakan kemungkinan belajar yang terbengkalai dalam waktu yang amat panjang sebelum hal tersebut dinyatakan dalam prilaku.
(1) approach learning,
(2) escape learning,
(3) avoidance learning,
(4) choice-point learning, and
(5) latent learning.
(2) escape learning,
(3) avoidance learning,
(4) choice-point learning, and
(5) latent learning.
yang
semua bentuk pembelajaran tergantung pada kesiapan sarana-akhir yaitu
perilaku berorentasi pada tujuan,ditengahi oleh harapan, persepsi,
representasi, dan internal atau variabel lingkingan.
Contoh yang berhubungan dengan
mahasiswa TI :
Seorang mahasiswa yang masih
menduduki semester 4 sudah mendapat bayangan untuk mengerjakan tugas akhirnya. Namun
dikarenakan ilmunya belum mencukupi, ilmu atau bekal belajar yang sudah didapatnya
hingga semester 4 ini akan disimpannya dalam waktu lama sampai bekal
pembelajarannya mecukupi dan ia bisa mengerjakan tugas akhirnya . sehingga
untuk membuat suatu system nanti sistemnya itu tidak terdapat error atau bisa
berguna bagi orang banyak.
Kesimpulan :
dari pembahasan ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa belajar laten ialah proses dimana dia belajar tetapi tidak di aplikasikan secara langsung/nyata melainkan di simpan untuk jangka waktu yang lama. setiap orang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda, terkadang dia bisa mengingat pelajaran untuk waktu yang lama tapi terkadang ada juga orang yang begitu di beri materi keesokan harinya sudah lupa.
hal ini bisa di hindari ketika kita terus mengulang materi pelajaran tersebut agar daya ingat kita menjadi lebih baik,
0 komentar:
Posting Komentar